Agustus 2, 2022
tanda aki mobil lemah

5 Tanda Aki Mobil Lemah Dan Harus Segera Diganti

Tanda Aki Mobil Lemah – Aki menjadi perangkat penting dalam kendaraan baik motor atau mobil yang harus selalu diperhatikan pengguna. Jika mobil mulai sering mogok atau sulit di starter biasanya bermasalah pada aki, pengguna wajib mengetahui tanda aki mobil lemah pada kendaraan yang digunakan.

Seringkali karena faktor kelalaian atau kurang memperhatikan perawatan mobil, pengguna kerap mengesampingkan perawatan berkala aki mobil. Akibatnya ketika mobil yang dikendarai tiba-tiba mogok atau mulai sulit dihidupkan akan menjadi permasalahan tersendiri. Berikut tanda aki mobil lemah dan harus segera diganti:

5 Tanda Aki Mobil Lemah Dan Harus Segera Diganti

1. Klakson dan Lampu Melemah

Tanda aki mobil lemah yang pertama dan harus diketahui adalah lemahnya suara klakson dan meredupnya lampu mobil. Aki ibarat jantungnya mobil jika ia bermasalah maka organ penting lain di dalam mobil juga akan ikut bermasalah.

Salah satunya adalah klakson dan lampu mobil yang menjadi bagian dalam mobil, jika aki mulai lemah maka kinerja perangkat mobil yang lain sudah pasti terganggu. Ini perlu diwaspadai terutama jika lampu mulai meredup, ini menjadi rawan ketika pengguna berkendara di malam hari dengan penerangan yang minim.

2. Berkurangnya Tegangan Aki

Permasalahan lain yang akan muncul ketika aki mulai lemah adalah tegangannya perlahan mulai berkurang. Tegangan aki yang berkurang akan membuat stabilitas mesin mobil menurun dan tidak akan baik bagi performa mobil jika terus menerus dibiarkan.

Baca Juga:  5 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung

Baca juga : Penyebab Oli Rembes dari Blok Mesin Motor

Ada cara mudah jika pengguna ingin melakukan cek apakah tegangan aki benar-benar turun atau tidak. Caranya dengan menggunakan load tester atau dengan menggunakan cranking. Salah satu tanda aki mobil lemah adalah ketika tegangannya berada dibawah 10 volt, jika hal ini terjadi segera ganti aki mobil lama agar tidak terjadi kerusakan pada perangkat mobil yang lain.

3. Mesin Sulit Dihidupkan

Hal paling mudah untuk mencoba apakah aki mobil masih berfungsi dengan baik atau tidak adalah dengan cara menghidupkan mesin mobil. Jika mesin mobil mulai sulit dihidupkan berarti memang ada masalah pada aki mobil.

Faktor yang membuat mesin mobil sulit dihidupkan juga beragam bisa jadi karena air aki ada dibawah batas minimal dan membuat aliran listrik tidak bisa mengalir. Bisa juga karena ada guncangan yang merusak cell di dalam aki atau karena memang usia aki yang sudah tua dan harus diganti.

4. Bau Mesin Saat Dinyalakan

Tanda aki mobil lemah berikutnya adalah tercium bau mesin saat mobil dinyalakan, bau ini umumnya berasal dari sel-sel yang ada pada komponen aki yang mulai rusak. Ketika mesin mobil dinyalakan sekilas akan terlihat seperti ada air yang sedang mendidih.

Baca juga : Perbedaan Oli Mpx dan Spx

Jika pengguna melihat hal ini pada mobil berarti sudah waktunya mengganti aki mobil yang mulai melemah dengan aki mobil baru. Jika tidak segera diganti dikhawatirkan akan semakin merusak komponen mesin lain yang tidak bisa bekerja secara maksimal.

5. Usia Aki yang Sudah Tua

Tanda aki mulai lemah yang terakhir adalah usia aki yang terbilang sudah tua, sama seperti benda lain yang memiliki masa expired aki juga memiliki masa limit yang pada kurun waktu tertentu harus diganti. Biasanya usia aki mobil yang normal sekitar 2 tahun tapi semua itu tergantung bagaimana perawatan dan pemakaian dari pengguna. Jika perawatan baik umur aki bisa bertahan lebih lama.

Baca Juga:  7 Perbedaan Oli Mpx dan Spx Yang Wajib Di Ketahui

Itulah 5 tanda aki mobil lemah dan harus segera diganti yang harus diketahui pengendara baik roda dua maupun roda empat. Seringkali kelalaian pengguna menyebabkan kerusakan pada aki mobil yang akhirnya bisa berpengaruh pada kinerja perangkat lain dalam mobil.

Sebaiknya lakukan perawatan secara berkala dan ganti aki mobil setiap beberapa tahun sekali sesuai instruksi teknisi mesin kendaraan bermotor untuk menghindari adanya kerusakan pada mesin mobil karena aki yang lemah. Mengingat harga aki juga tidak murah ada baiknya gunakan kendaraan dengan hati-hati daripada harus mengganti aki mobil dengan biaya yang tidak sedikit.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.