September 27, 2022
suara mesin mobil mendengung

5 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung

Suara Mesin Mobil Mendengung – Ketika kendaraan bermotor sudah berumur, biasanya kerap muncul suara yang tidak semestinya muncul pada mesin kendaraan, hal ini kerap terjadi pada mesin mobil. Suara mesin mobil mendengung tentunya dapat mengganggu kenyamanan ketika berkendara. Bahkan tak jarang mengganggu konsentrasi ketika mengemudi.

Biasanya Bunyi dengung mesin disebabkan oleh sejumlah komponen kendaraan yang mengalami masalah. Cara mengatasinya pun mudah, asalkan rutin melakukan pengecekan sebelum bepergian. Berikut ulasan beberapa penyebabnya:

5 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung

1. Pompa Power Steering Bermasalah

Penyebab pertama mesin mendengung bisa disebabkan oleh komponen power steering yang mulai mengalami masalah. Biasanya hal ini terjadi pada mobil yang masih menggunakan power steering hidrolik. Pada mobil yang sudah menggunakan EPS alias electronic power steering, masalah seperti ini tidak akan muncul pada mobil.

Mobil yang masih menggunakan power steering hidrolik, biasanya memiliki komponen yang menempel pada mesin mobil yang menyalurkan tenaga dan meringankan beban kemudi. Komponen memiliki bantalan, saat bantalan mulai aus, suara mendengung akan sering terdengar.

Apalagi saat setir berputar, suara ini akan terdengar jelas. Sangat disarankan bagi pengemudi mobil dengan power steering hidrolik untuk secara rutin memeriksa kondisi power steering kendaraan. Hampir di awal suara mendengung.

Baca juga : Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

2. Adanya Kerusakan pada Unit Kompresor Ac

Gesekan antar logam pada komponen kompresor AC yang sudah mengalami keausan dapat menimbulkan suara mendengung. Namun, suara dengungan ini hanya akan terdengar saat kompresor AC menyala. Atur knob AC ke pengaturan paling dingin, suara dengung akan sering muncul, tetapi jika knop AC diatur ke suhu sedang, suara dengung sangat jarang muncul.

Baca Juga:  5 Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

Cara ini sumber suara mendengung dapat diidentifikasi. Jika unit kompresor AC rusak, unit kompresor harus diganti. Karena bram yang dihasilkan dari gesekan di dalam kompresor dapat masuk ke saluran freon dan dapat menyebabkan sistem AC menjadi tersumbat dan bisa menyebabkan saluran AC putus.

3. Gigi Nanas atau Crown Wheel Mulai Aus

Kendala lain yang bisa menyebabkan suara mesin mobil berdengung. Ini bisa disebabkan oleh Crown Wheel atau gigi nanas yang berada di dalam sistem penggerak gardan. Masalah ini biasanya muncul karena pelumas gardan terlambat diganti, sehingga komponen ini aus.

Padahal, pelumas gardan harus diganti setiap 40.000 km. Suara dengung akan terdengar jelas saat kendaraan melaju di atas 60 km/jam. Sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel terpercaya untuk mengetahui penyebab suara mesin mobil mendengung.

Baca juga : Tanda Aki Mobil Lemah

4. Kualitas Timing Belt Menurun

Timing belt juga bisa mengeluarkan suara mendengung saat kualitas turun. Selain itu, pemasangan timing belt yang tidak tepat juga dapat menyebabkan suara ini. Masalah ini lebih sering terjadi, ketika penyetelan timing belt terlalu kencang atau terjadi slip setengah gigi selama pemasangan.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memeriksa komponen-komponen di atas secara detail sebelum mulai mengemudi. Tujuannya agar bisa mendeteksi sumber kerusakan secara dini. Penting juga untuk selalu diingat bahwa lebih baik melakukan perawatan rutin dan pengecekan pada semua bagian mobil untuk meminimalisir kerusakan pada komponen penting.

5. Water Pump Oblak Aus

Terakhir bisa jadi, disebabkan oleh water pump oblak. Water pump oblak merupakan komponen mesin yang berfungsi untuk memompa air pendingin radiator, sehingga mesin menghasilkan sirkulasi yang baik. Water pump oblak biasanya dilengkapi dengan bearing yang membantu proses pompa berjalan dengan lancar. Bearing pada pompa air ini juga biasanya rentan terhadap keausan yang akhirnya menyebabkan mesin mobil berdengung.

Baca Juga:  5 Tanda Aki Mobil Lemah Dan Harus Segera Diganti

Itulah 5 penyebab suara mesin mobil mendengung saat digunakan. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan berkala pada mesin kendaraan. Tujuannya tak lepas dari menjaga kualitas mobil tetap dalam kondisi prima.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.