November 29, 2022
perbedaan oli mpx dan spx

7 Perbedaan Oli Mpx dan Spx Yang Wajib Di Ketahui

Perbedaan Oli Mpx dan Spx – Pengguna motor harus mengenali apa perbedaan oli mpx dan spx. Hal tersebut perlu dilakukan karena jelas kedua oli tersebut berbeda. Perbedaan yang mendasar antara oli mpx dengan spx yaitu karena kedua oli tersebut diperuntukan untuk jenis motor yang berbeda. Fungsi yang sama namun bahan yang digunakan untuk membuatnya tentu saja berbeda.

Oli mesin sendiri adalah salah satu bagian pendukung yang sangat penting untuk perawatan motor. Mengapa sangat penting? Karena fungsinya untuk melindungi bagian di dalam mesin agar tetap memiliki suhu yang rendah, yang utama adalah bagian seperti piston dan blok silinder yang saling bergesekan. Berikut perbedaan yang harus diketahui:

7 Perbedaan Oli Mpx dan Spx Yang Wajib Di Ketahui

1. Bahan Untuk Membuat Oli

Perbedaan antara oli mpx dan spx yaitu pada bahan utama yang digunakan. Oli mpx memakai mineral murni untuk bahan utamanya. Sedangkan bahan utama yang digunakan untuk membuat oli spx yaitu bahan full synthetic. Meskipun bahan utama yang digunakan berbeda namun tingkat kekentalan olinya sama.

2. Jenis Motor yang Menggunakan

Jenis motor juga menjadi perbedaan dalam penggunaan oli, jenis motor yang membedakan penggunaan oli yaitu kekentalan olinya. Oli yang mempunyai kekentalan 20W-40 ditujukan untuk jenis motor dengan kopling yang basah. Jenis oli dengan kekentalan 10W-30 ditujukan untuk jenis kopling kering semacam motor matik. Oli mpx dan spx dapat digunakan pada jenis motor yang sama namun tingkat kekentalan yang sangat berbeda.

Baca Juga:  5 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung

3. Nama Produk Oli

Perbedaan oli mpx dan spx yang selanjutnya yaitu penamaannya. Sudah jelas jika kedua oli ini berbeda karena Namanya juga sudah berbeda. Arti atau makna dari kedua oli tersebut memang berbeda.

Oli mpx merupakan singkatan dari Maximum Protection Expert dan oli spx singkatan dari Superior Protection Expert. Jika disimpulkan dari nama oli spx mempunyai kuantitas dan kualitas yang jauh lebih baik dari mpx dan dibuat dengan lebih maksimal.

4. Harga Oli

Harga jual oli mpx dan oli spx tentu juga berbeda. Namun perbedaan harga kedua oli tersebut tidak jauh. Di Toko online oli mpx dipasarkan dengan harga berkisar 37.000 sampai 60.000. Oli spx dipasarkan dengan kisaran harga 50.000 sampai 70.000.

Perbedaan harga dipengaruhi oleh perbedaan bahan utama yang digunakan untuk membuat oli. Bahan utama untuk membuat oli spx memang lebih mahal maka dari itu harga oli spx juga jauh lebih mahal.

5. Tampilan atau Kemasan

Oli spx kemasannya didesain menggunakan warna orange. Sedangkan oli mpx desainnya menggunakan warna putih. Kedua oli ini juga memiliki warna tutup yang berbeda. Warna penutup untuk oli SPX 1, MpX 3, dan MPX 1 yaitu warna merah. Untuk warna penutup oli MPX 2 dan SPX 2 yaitu warna biru.

6. Kapasitas Oli

Kedua oli tersebut mempunyai beberapa kapasitas. Kapasitas disesuaikan dengan kebutuhan oli pada motor. Kapasitas yang ada yaitu 800 ml, 1 liter, hingga 1.2 liter. Ada juga jenis yang hanya menyediakan takan 800 ml yaitu oli MPX 2 dan oli SPX 2. Pengguna motor hanya perlu menyesuaikan dengan kapasitas oli yang ada di motor masing-masing.

7. Pemakaian

Perbedaan yang terakhir yaitu peruntukan atau pemakaian. Oli SPX 1, MPX 3 dan MPX1 lebih ditujukan untuk jenis kopling basah baik yang manual atau semi otomatis contohnya honda supra, honda CBR, dan lain-lain. Untuk oli MPX2 dan SPX 2 yang memiliki kekentalan 10W-30 diperuntukan untuk jenis motor dengan kopling kering contohnya seperti vario, honda beat, mio dan lainnya.

Baca Juga:  5 Penyebab Oli Rembes dari Blok Mesin Motor

Demikian pembahasan tentang 7 perbedaan oli mpx dan spx yang wajib diketahui. Pada dasarnya pemilihan oli harus sesuai dengan kebutuhan motor dan juga kapasitas motor. Hal itu karena penggunaan oli yang sesuai akan membuat mesin menjadi tahan lama atau awet.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *