Mei 23, 2022
Penyebab USB Tidak Terbaca di Windows 10 dan Cara Mengatasinya

Penyebab USB Tidak Terbaca di Windows 10 dan Cara Mengatasinya

Memindahkan file menggunakan USB memang sangat mudah, cukup dengan menyambungkan handphone menggunakan kabel data ke laptop. Namun ketika cara ini tidak berhasil digunakan ketika memindahkan file ke Windows 10 pastinya membingungkan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan USB tidak terbaca di Windows 10 dan tentu saja cara mengatasinya akan berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. 

Universal Serial Bus atau USB pada awalnya dikenal dalam bentuk stik yang dihubungkan pada perangkat komputer. Seiring perkembangan teknologi, smartphone dapat difungsikan sebagai USB untuk mentransfer file di ponsel ke komputer. Untuk mengatasi permasalahan USB yang tidak terbaca ini, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

Penyebab USB Tidak Terbaca

Ketika berhasil menyambungkan USB dengan komputer, maka akan muncul drive baru. Apabila tidak ada berarti USB tidak terbaca. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan USB tidak terbaca antara lain:   

  • USB drive tidak stabil atau rusak. Untuk memastikannya, coba dihubungkan dengan komputer lain. Apabila USB drive berupa handphone, periksa opsi ketika menghubungkannya ke komputer dan pastikan opsi yang dipilih adalah Transfer File.
  • Sistem operasi komputer belum update. Pengembang perangkat sering melakukan update untuk meningkatkan kinerja perangkat buatannya, sehingga apabila belum update sistem akan membuat USB tidak terbaca di Windows 10 yang digunakan. 
  • Update software tidak sempurna. Hal ini mungkin terjadi apabila ada bagian update atau software Windows yang terlewat. 
  • USB controller tidak stabil atau rusak. Hal ini bisa mempengaruhi komputer tidak dapat mengidentifikasi USB yang disambungkan.
  • Drive eksternal mengalami suspend. Ditandai dengan putus sambungnya koneksi antara USB dan komputer.

Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca

Ketika USB yang disambungkan ke komputer Window 10 tidak terbaca, mungkin saja penyebabnya adalah hal-hal tersebut di atas. Sehingga ada beberapa alternatif cara memperbaiki USB tidak terbaca di Window 10 yang dapat dilakukan sendiri antara lain menurut kami:

Restart Komputer

Cara ini dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan jasa service komputer. Pertama-tama cabut USB yang disambungkan ke komputer, kemudian restart komputer dan tunggu sampai menyala kembali. Setelah tampilan monitor normal, maka siap digunakan sambungkan USB ke komputer dengan port yang ada. 

Coba Sambungkan dengan Komputer Lain

Sebelumnya coba semua port USB yang ada di komputer, jika ternyata tidak terbaca, maka gunakan perangkat komputer lain. Untuk melakukannya bisa dengan meminjam komputer teman atau kerabat. Jika USB dapat dibaca di komputer lain, maka artinya yang bermasalah adalah komputernya. Namun jika USB yang tidak terbaca berarti USBnya yang rusak.

Cabut Perangkat USB Lain

Terkadang semua port yang ada di komputer semuanya terisi sambungan USB. Melalui hal ini, tentu akan mempengaruhi kinerja dan menjadi penyebab USB tidak terbaca di Windows 10. Maka lepaskan USB yang sudah tidak digunakan agar USB lainnya yang akan dipakai dapat dibaca.

Update USB Port Driver

Ada dua cara untuk melakukan update port driver USB, yaitu manual dengan mengakses situs resmi komputer yang digunakan untuk mendapatkan driver port USB terbaru. Cara yang kedua dilakukan secara otomatis dengan menggunakan software yang dapat mengenali sistem komputer serta mencari driver yang tepat untuknya.

Ubah Pengaturan USB Selective Suspend

Cara ini dilakukan untuk mengatasi USB yang koneksinya putus sambung, caranya yaitu dengan buka control panel. Kemudian pilih power option dan klik change plan setting. Setelah itu, klik change advanced power setting dan lanjutkan dengan pilih USB setting serta USB selective suspend settings. Nonaktifkan pengaturan on battery dan plugged in lalu pilih apply dan OK.

Itulah beberapa hal yang dapat membuat USB tidak terbaca di Windows 10 dan alternatif cara mengatasinya. Dengan mengetahui hal tersebut di atas, tentu tidak perlu panik lagi ketika USB yang disambungkan tidak terbaca dan membawa komputer ke tukang service. Pengguna bisa mengatasinya secara mandiri dengan mudah di rumah.

 

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.