Agustus 5, 2022
cara membuat bootable windows 10

Cara Membuat Bootable Windows 10 Paling Mudah

Cara Membuat Bootable Windows 10 – Bootable adalah salah satu fasilitas layanan yang disediakan oleh sistem operasi. Layanan ini biasanya terletak di media penyimpanan seperti flashdisk ataupun terkadang terletak di memori. Lantas, bagaimana cara membuat bootable Windows 10?

Pengguna bisa menggunakan perangkat lunak Rufus sebagai cara termudah untuk membuat windows 10 yang dapat di-boot. Fungsi utama Rufus itu sendiri yaitu untuk membuat dan memformat perangkat USB flash menjadi bootable seperti kartu memori, flashdisk dan lainnya. Berikut cara membuat bootable Windows 10 perlu diketahui kami simpulkan dari rogcommunity.id :

Persiapan Membuat Bootable Windows 10

Sebelum mengetahui cara membuatnya, pengguna perlu mempersiapkan beberapa hal. Berikut ini adalah tahapan yang bisa dilakukan, yaitu antara lain:

Baca juga : Cara Melihat Sms yang Sudah dihapus

  • Cek Sistem Arsitektur. Sebelum membuat pengguna Windows 10 yang dapat di-boot, lebih disarankan untuk mengecek sistem arsitektur yang ada di perangkatnya. Proses ini dilakukan untuk menentukan langkah yang harus dipilih sesuai dari perangkat itu sendiri. Untuk mengetahui sistem yang ada di perangkat, maka caranya yaitu dengan masuk ke menu Setting.
  • Persiapkan selanjutnya yaitu dengan menyediakan flashdisk dengan kapasitas yang besar. Pastikan flashdisk dengan keadaan kosong, karena semua data yang ada di dalamnya pada proses ini akan dihapus.
  • Alat Pembuatan Media. berikut Persiapan itu dengan mendownload software media Creation di perangkat lain. Untuk mendownload bisa langsung mengunjungi website resmi Microsoft.
  • Perangkat Lunak Rufus. Terakhir yaitu persiapkan dengan mendownload software rufus di perangkat. Unduh perangkat lunak dengan mengunjungi situs web resmi Rufus.ie.
Baca Juga:  3 Cara Membuka Akun Facebook Yang Diblokir Oleh Pihak Facebook

Cara Membuat Bootable Windows 10

Setelah persiapan selesai, barulah lakukan langkah selanjutnya. Berikut adalah cara membuat bootable yang bisa diterapkan oleh pengguna Windows 10, yaitu antara lain:

Baca juga : Cara Membuka Akun Facebook Yang Diblokir Oleh Pihak Facebook

  • Hubungkan Flashdisk Ke Perangkat. Langkah pertama itu sendiri dimulai dengan menghubungkan flashdisk ke perangkat yang telah disiapkan. Proses pembuatan bootable Windows 10 kemungkinan akan menghilangkan file yang tersimpan di flashdisk tersebut. Oleh karena itu, pengguna lebih disarankan untuk memindahkan file penting yang ada di dalamnya.
  • Buka Alat Pembuatan Media. Cara selanjutnya yaitu membuka media Creation toll. Klik dua kali untuk membuka software media Creation tool yang telah di download. Setelah terbuka, klik opsi selanjutnya.
  • Pilih Buat Instalasi Media. Pilih create installation media untuk melanjutkan langkah membuat bootable Windows 10. Lalu, klik next untuk mendownload file ISO Windows 10 pada layar.
  • Memilih Sistem Arsitektur. Langkah berikutnya yaitu dengan menentukan sistem arsitektur. Akan tetapi biasanya sistem akan menyesuaikan spesifikasi perangkat. Kemudian, pilih next pada layar untuk melanjutkan.
  • Unduh File ISO Windows 10. Layar secara otomatis menampilkan pilihan antara USB flash Drive dan file ISO. Pengguna dianjurkan untuk memilih opsi ISO file. Setelah itu, dilanjutkan dengan memilih opsi next pada layar.
  • Buka Software Rufus . Selanjutnya, buka file Rufus yang telah di download dan tersimpan di perangkat. Pastikan bagian perangkat sesuai dengan nama flashdisk agar mempermudah proses.
  • Klik Pilih. Lalu klik pilih untuk melanjutkan. Kemudian, pilih file ISO Windows 10 yang telah didownload. Sesuaikan target sistem dan skema partisi sesuaikan perangkat.
  • Tentukan Skema Partition Dan Sistem Target . Jika komputer keluaran lama biasanya menggunakan skema partisi yang berjenis MBR dengan sistem target BIOS, maka keluaran terbaru perlu menggunakan skema partisi yang berjenis GPT dan target system UEFI.
  • Klik Mulai. Langkah terakhir yaitu klik start untuk menyelesaikan proses. Untuk proses terakhir memakan waktu yang cukup lama. Lamanya waktu itu tergantung kecepatan sistem pada perangkat itu sendiri.
Baca Juga:  4 Cara Membuka Backup Whatsapp di Google Drive

Inilah cara membuat bootable Windows 10 yang dapat dicoba. Lakukan persiapan dengan benar, serta ikuti tata cara sesuai dengan langkah – langkah yang disajikan seperti artikel di atas. Cara-cara tersebut bisa dicoba untuk mengetahui hasilnya apakah sesuai keinginan atau tidak.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.