November 29, 2022
alarm mobil tidak bunyi saat dikunci

5 Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci – Alarm mobil termasuk bagian penting dari mobil, ada kalanya alarm mobil tidak bunyi saat dikunci, hal ini disebabkan oleh berbagai macam hal. Alarm yang tidak berfungsi akibatnya fatal pada keamanan mobil beserta isinya ( pengemudi, penumpang dan barang), oleh karena itu alarm harus diperiksa secara berkala agar selalu berfungsi.

Mobil termasuk aset yang berharga, apalagi ketika mobil yang dimiliki adalah barang kesayangan. Ketika alarm mobil tidak berfungsi, bisa mempermudah pencurian mobil ataupun barang didalamnya, tidak jarang juga penumpang atau pemilik mobil ikut jadi korban. Alarm yang tidak berbunyi ada bermacam-macam sebabnya, silahkan simak ulasannya dibawah ini:

5 Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

1. Baterai Habis

Jika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci bisa jadi salah satunya karena baterai pada central lock habis. Hal ini biasanya disebabkan karena pemilik mobil sudah lama tidak mengecek baterai central locknya. Cara mengetahui apakah baterainya habis adalah mencoba membuka dan menutup mobil secara manual.

Untuk mengatasi baterai central lock yang sudah habis, tentu saja dengan mengganti baterai pada central lock, caranya adalah dengan mendatangi pusat service terdekat. Agar kehabisan baterai central lock tidak terjadi, pemilik dapat mengecek baterai central lock secara berkala.

Baca juga : Tanda Aki Mobil Lemah

2. Pengaturan Valet Mode Bermasalah

Ketika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci, jangan dulu berkesimpulan kalau ada masalah, apalagi jika buru-buru mendatangi pusat service. Sebelum membawa ke pusat service, cek dahulu pengaturan alarmnya, karena bisa jadi alarm sedang ada pada pengaturan Valet Mode. Valet Mode adalah mode senyap yang biasanya digunakan pengemudi ketika mendapatkan layanan valet.

Ketika petugas valet membawa mobil untuk diparkir, tentunya alarm mobil harus sedikit dilonggarkan, yaitu dengan mengubah ke mode senyap. Apabila mode senyap lupa di non aktifkan, pastinya alarm mobil tidak akan berbunyi. Untuk mengatasinya, ubahlah alarm kembali ke mode normal.

Baca Juga:  5 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung

3. Pintu Mobil Masih Terbuka

Hal yang sering terjadi ketika alarm mobil tidak berbunyi adalah pintu mobil masih terbuka. Hal yang sepele ini sering terjadi dan tidak jarang membuat panik. Ketika pengguna memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa menyebabkan klakson mati. Ternyata tanpa disadari klakson tidak berbunyi karena pintu mobil tidak tertutup secara benar.

Cara mengatasinya adalah dengan memeriksa semua pintu sudah tertutup rapat atau tidak ketika alarm tiba-tiba tidak berbunyi. Jika semua pintu sudah dipastikan tertutup dengan benar namun klakson tidak berbunyi maka periksalah bagian lainnya.

Baca juga : Penyebab Oli Rembes dari Blok Mesin Motor

4. Alarm Mengalami Kerusakan Module

Jika tiga langkah di atas sudah dilakukan dan masih saja alarm mobil tidak bunyi saat dikunci, maka ada kemungkinan kalau alarm memang mengalami kerusakan. Kerusakan pertama yang mungkin terjadi adalah kerusakan pada module atau sirine. Jika ini terjadi, pemilik bisa datang ke pusat service terdekat untuk memperbaiki module.

Module yang rusak, sering kali terjadi karena arus listrik yang mengontrol sirine rusak, sehingga alarm tidak berbunyi. Sebelum membawa ke pusat service, ada baiknya jika pemilik mengecek hal lainnya dulu.seperti mengecek sekring rusak atau sambungan kabel yang kurang tepat.

5. Sensor pada Alarm Rusak

Kemungkinan yang terakhir adalah sensor alarm rusak. Sensor yang rusak dapat membuat sensibilitas sensornya terganggu, maka dari itu alarm menjadi tidak berbunyi atau bisa juga berbunyi terus menerus. Alarm yang tidak sensitif ataupun yang terlalu sensitif dapat diatasi dengan memperbaikinya di pusat service terdekat untuk diperbaiki.

Bagi yang belum memasang alarm mobil, hendaknya mempertimbangkan untuk memasang.Selain untuk keamanan seperti yang sudah diinformasikan diatas, alarm mobil juga berfungsi sebagai sistem peringatan tanda bahaya juga pendeteksi lokasi mobil. Agar terhindar dari alarm mobil tidak bunyi saat dikunci jangan lupa untuk selalu merawat alarm mobil dengan memeriksanya secara berkala.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *